dotcomwebdesign.com

Home > Forum Rumah Kita > Bagaimana Cara Membangun Rumah Anda
 
 
 
 
 
 
 

Bagaimana Cara Membangun Rumah Anda

Hal yang paling utama yang harus diperhatikan adalah rumah seperti apa yang anda butuhkan? atau yang lebih dikenal dengan kebutuhan ruang. Siapapun arsiteknya jika anda mau mendesain rumah, maka pertanyaan - pertanyaan yang biasanya disodorkan seperti ; berapa jumlah anggota keluarga anda?, apa profesi anda ?, berapa unit kendaraan yang anda punya ?, dsb dari pertanyaan - pertanyaan itu biasanya arsitek sudah mempunyai gambaran mengenai kebutuhan ruang anda.

Kemudian luas lahan yang tersedia akan disesuaikan dengan kebutuhan ruang anda. Disinilah beberapa keputusan akan diambil,misalnya jika kebutuhan ruang anda cukup banyak namun luas lahan yang ada tidak memadai,maka desain rumah tingkat bisa menjadi pilihan. Namun jika anda tidak menyukai rumah tingkat,akan ada penyesuaian kebutuhan ruang tanpa mengurangi fungsi pokoknya. Dititik inilah biasanya proses perencanaan desain dimulai.

Dan untuk membangun rumah anda ada beberapa cara yang bisa anda tempuh. Masing - masing cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.

1. Membangun sendiri

Mayoritas masyarakat kita menempuh cara ini karena menurut pemikiran mereka cara inilah yang paling murah biayanya. Namun kondisi itu tidaklah semudah yang dibayangkan, karena anda harus meluangkan waktu, tenaga dan pemikiran yang cukup ekstra untu membangun rumah. Katakanlah dalam hal desain rumah, anda dapat meniru rumah - rumah yang sudah ada atau mencontoh dari brosur - brosur dari developer atau pengembang yang ada disekitar anda. Namun untuk mencari mandor, tukang, tenaga bukanlah hal yang mudah. Anda harus tahu kapasitas dari orang yang anda pakai untuk membangun rumah. Secara kualitas apakah dia mampu membangun rumah sesuai dengan keinginan anda, secara kuantitas apakah dia mempunyai metode kerja yang efektif dan efisien sehingga pembangunan rumah anda akan selesai tepat waktu, dsb. Karena semakin lama rumah anda selesai, maka semakin banyak biaya yang anda harus keluarkan.

2. Membeli dari developer atau pengembang

Banyak developer disekitar kita yang menawarkan rumah dengan desain yang beragam disertai dengan fasilitas yang disediakan, serta variasi harga yang kompetitif. Hal ini membuat banyak masyarakat yang menempuh jalur dengan membeli rumah pada developer atau pengembang. Konsep yang ditawarkan biasanya adalah siap huni sehingga anda tidak perlu repot - repot untuk membangun rumah. Selain itu anda juga tidak perlu menyiapkan uang cash yang terlalu besar. Karena biasanya disediakan sarana untuk membeli dengan mencicil melalui bank. Namun yang seringkali menjadi permasalahan ketika membeli rumah dari developer adalah apakah rumah tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan anda, apakah desain yang dibuat sesuai dengan selera dan keinginan anda, apakah lokasi rumah yang anda beli membuat anda semakin mudah untuk beraktivitas sehari - hari ,dsb. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum anda membeli rumah pada developer atau pengembang. Karena akan ironis sekali jika anda sudah banyak mengeluarkan uang untuk membeli rumah dari developer, akan tetapi nantinya anda mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk renovasi rumah agar sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.

3. Membangun dengan jasa kontraktor

Dari segi pembiayaan kelihatannya langkah ini yang ongkosnya paling mahal. Namun jika kita telusuri lebih lanjut cara ini mempunya beberapa keunggulan. Langkah ini akan lebih memungkinkan apa yang anda inginkan tercapai, karena selain lebih terencana juga dikerjakan oleh orang yang profesional dibidangnya. Anggaran dan waktu pelaksanaan sudah bisa diprediksi dari awal. Semuanya itu terikat dalam suatu kontrak yang mempunyai kekuatan hukum. Yang apabila pelaksanaan pembangunan tidak sesuai dengan desain anda bisa melakukan komplain. Dan jika waktu pelaksanaan tidak sesuai dengan time schedule yang sudah dibuat, anda bisa melakukan penalti kepada kontraktor yang bersangkutan.

Semoga Bermanfaat

by: www.desainrumahkita.com

 

* diolah dari berbagai sumber

 

 

 

 
 

Banner Or Other Text

 
 
 
 
 
 

Powered By CMSimple.dk | Email : kensan.prayudha@gmail.com