dotcomwebdesign.com

Home > Forum Rumah Kita > Tips Membangun Rumah Tanpa AC
 
 
 
 
 
 
 

Tips Membangun Rumah Tanpa AC

Didaerah tropis seperti di Indonesia hanya ada dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Ketika musim kemarau hawa panas seringkali membuat suasana didalam rumah menjadi tidak nyaman. salah satu cara untuk mengurangi hawa panas didalam rumah adalah dengan pemasangan AC. Sehingga beberapa rumah memasukkan perencanaan pemasangan AC sebagai bagian dari proses pembangunan rumah. Padahal dengan pemasangan AC, pengeluaran untuk biaya listrik menjadi semakin mahal juga tidak ramah lingkungan. lalu bagaimana caranya mengatasi hawa panas didalam rumah tanpa menggunakan AC?

Ada beberapa tips memaksimalkan rumah yang sejuk tanpa menggunakan AC. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut :

1. Gunakanlah atap yang dapat menghalau panas. Material yang baik untuk penutup atap dalam menghalau panas adalah genteng. Penggunaan penutup atap dari material asbes, seng atau metal sebaiknya diganti dengan menggunakan genteng. Genteng yang digunakan tidak harus jenis genteng keramik ataupun genteng mewah lainnya.

2. Jarak plafon sebaiknya diperhatikan, fungsi plafon yang berfungsi menahan panas yang mampu melewati atap. jarak plafon ke lantai yang baik sekitar 2,75 - 3 meter, sampai dengan 4 meter.

3. Ventilasi haruslah lancar, penggunaan jendela yang berukuran besar dan mengikuti aliran udara sebaiknya diperhatikan. Jendela sebaiknya ditempatkan diposisi yang baik agar sirkulasi udara menjadi lancar.

4. Rumah sebaiknya tidak langsung menghadap matahari, atau tidak menghadap barat atau timur. Jika rumah sudah terlanjur timur atau barat bisa menggunakan sun screen untuk menghalau sinar matahari.

5. Buatlah taman untuk meminimalisir panas. Sebagai contoh taman disisi barat dan timur dapat menghalau sinar matahari secara langsung dan membuat hawa yang masuk kedalam rumah menjadi sejuk. Taman di dapur dan garasi dapat menimalisir panas dari dapur dan garasi.

semoga bermanfaat

*diolah dari berbagai sumber

 

 
 

Banner Or Other Text

 
 
 
 
 
 

Powered By CMSimple.dk | Email : kensan.prayudha@gmail.com