Cara Mengatasi Rembes Di Tembok

By | November 14, 2022

Rembes di tembok membuat tampilan tembok menjadi tidak menarik. Jika sering kita mencari cara mengatasi rembes di tembok tapi sering tidak berhasil. Permasalahan utamanya adalah kita tidak berhasil menemukan akar masalahnya. Oleh karena itu menjadi penting untuk menemukan akar permasalahan terlebih dahulu.

Cara Cek Penyebab Rembes

  1. Cek dinding apakah sudah di plester aci
  2. Cek Sambungan dinding (bagian atap) dengan tetangga apakah ada yang retak
  3. Cek posisi rembes
  • Dinding Belum di Plester Aci

Cara Mengatasi Rembes Di Tembok

Dinding bagian luar yang belum di beri plesteran dan acian bisa mejadi penyebab dinding menjadi rembes. Hal ini disebabkan karena tidak adanya pelindung dinding bata dari air hujan. Sehingga air hujan bisa meresap ke bata dan menyebabkan rembes di bagian dalamnya.

solusi untuk permasalahan ini adalah segeralah melakukan plester aci pada dinding yang belum diberi plester aci.

  • Bagian Sambungan Atap Retak

Karena keterbatasan lahan biasanya rumah dibangun berdempetan dengan rumah tetangga. Tentu saja hal ini menyebabkan bagian atap rumah kita nempel ke atap tetangga. Untuk memisahkan atap biasanya ada tembok pemisahnya. Nah jika sambungan atap mengalami keretakan, maka akan ada air yang masuk. Hal ini bisa menyebabkan rembes pada dinding kita.

solusi untuk permasalahan ini adalah perbaiki retakan pada ban-banan dengan menggunakan cat waterprofing dengan menambahkan serabut.

  • Cek Posisi Rembes

Hal  yang harus diperhatikan untuk cek posisi rembes ini adalah cek apakah posisi rembes pada posisi 1 meter dari lantai atau lebih dari 1 meter dari lantai.

Jika posisi rembes diatas 1 meter dari lantai, maka anda harus cek penyebab rembes no 1 dan 2 diatas. Karena biasanya penyebab rembes dengan posisi 1 meter diatas lantai penyebabnya adalah dinding yang belum diplester  dan sambungan atap yang retak.

Silahkan di Baca  Pilihan Pondasi Untuk Rumah Tinggal

Jika posisi rembes berada di bawah 1 meter dari lantai, maka perlu analisa lebih lanjut. Tetap sama pada kasus rembes diatas 1 meter, anda harus cek dulu seperti penyebab rembes pada point 1 dan 2.  Dan jika point 1 dan 2 sudah tidak ada masalah, berarti ada penyebab lainnya.

Penyebab lain untuk rembes dinding di posisi di bawah 1 meter adalah adanya air tanah yang naik keatas. Biasanya hal ini disebabka karena muka air tanah di lahan yang kita bangun cukup tinggi. Karena tidak jarang posisi rembes berada di bagian tembok yang tidak berada di pinggir bangunan. Namun berada di tengah -tengah bangunan yang tidak langsung terkena air dari luar. Atau selain itu posisi dinding yang berbatasan dengan kamar mandi.

Untuk mengatasi hal ini kita bisa melakukan perbaikan dengan memberi lapisan waterprofing berbasis semen.

Waterprofing memiliki 2 jenis material yaitu berbasis cat dan semen. Waterprofing berbasis cat contohnya adalah Nodrop. Waterprofing ini efektif untuk mengatasi masalah rembes di bagian dinding bagian atas (rembes lebih dari 1 meter dari lantai).

Untuk mengatasi rembes bagian bawah (di bawah 1 meter dari lantai) tidak cukup menggunakan waterprofing berbasis cat. Namun harus menggunakan waterprofing berbasis semen seperti Sikatop 107.

Untuk pengerjaannya kita harus kupas dulu lapisan plester aci dinding kita. Setelah itu kita ganti lapisan plester aci dengan waterprofing semen tadi. Untuk pengerjaan memang agak sedikit rumit, akan tetapi cara tersebut lebih efektif. Karena dinding kita tidak rembes lagi.

Demikian beberapa hal untuk Cara Mengatasi Rembes Di Tembok. Semoga bermanfaat